Jelajah Krakatau

Wisatawan menikmati hamparan pemandangan Anak Gunung Krakatau

Anda pastinya sudah mempersiapkan rencana liburan untuk akhir tahun ini bukan? Booking tiket pesawat keluar negeri memang bukan pilihan yang buruk. Namun bagi anda yang belum mempersiapkan liburan akhir tahun, wisata dalam negeri dengan biaya murah adalah pilihan tepat.

Anak Gunung Krakatau, terletak di perairan Selat Sunda, Anak Gunung Krakatau akhir-akhir ini sering dijadikan tempat liburan wisatawan lokal. Terutama yang berasal dari Jakarta.

Tidak terlalu sulit akses menuju Krakatau, jalur yang paling tepat adalah melalui jalur laut, yakni Pelabuhan Bakauheuni, Lampung. Dari Bakauheuni terdapat angkutan umum menuju pelabuhan Canti, dari pelabuhan Canti anda dapat menumpang kapal nelayan yang akan menyebrang ke pulau Sabesi, tarif yang ditawarkan relatif murah yaitu Rp 25.000 per orang, karena kapal di pelabuhan ini, dalam sehari dua kali mengangkut penumpang atau warga lokal yang berjualan sebagai pedagang sayuran.

IMG_5454

Pulau Sabesi yang dijadikan tempat singgah untuk istirahat

Sesampainya di pulai Sabesi, terdapat rumah warga yang dapat disewa untuk melepas lelah sambil menikmati pemandangan Anak Gunung Krakatau dari kejauhan, harga sewa sekitar Rp 200.000 – Rp 300.000 per malamnya.

Perjalanan menuju Anak Gunung Krakatau dapat ditempuh kembali dengan kapal nelayan, kali ini kapal yang dapat disewa berukuran lebih besar, dengan kapasitas hingga 30 orang. Harga sewa kapal cukup mahal sekitar 4-5 juta tergantung besarnya kapal, namun hal itu sebanding dengan pemandangan yang dapat dinikmati selama perjalanan, beruntung jika anda pergi bersama rombongan jadi dapat menekan biaya lebih murah.

IMG_5433

Perjalanan menuju Pulau Sabesi menggunakan kapal nelayan dari Pelabuhan Canti

Setibanya di Anak Gunung Krakatau, anda dapat segera mendaki gunung, namun perhatikan barang bawaan dan apa yang anda pakai. Untuk sepatu, disarankan untuk memakai sepatu gunung atau menggunakan sandal gunung. Jika anda tidak memilikinya, sandal jepit bisa jadi pilihan, tetapi tetap hati-hati dalam melangkah.

Setibanya di atas puncak Anak Gunung Krakatau, terlihat beberapa pulau dari atas.Untuk dapat menikmati pemandangan terbitnya matahari dari Anak Gunung Krakatau disarankan agar berangkat sejak pukul 3 pagi waktu setempat.

Kembali Ke Pulau Sabesi

Di pulau ini banyak tersedia warung makan hingga warung koperasi kecil. Tak perlu bingung untuk memilih menu makan siang anda, banyak tersedia makanan sesuai selera di warung yang tak jauh dari penginapan, harga makanan yang ditawarkan cukup bervariasi dari Rp 15.000 hingga Rp 35.000.

Ketika malam hari, berkumpul ditepi pantai untuk membuat api unggun sambil bernyanyi dan menikmati suasana pantai adalah hal yang menarik lainnya. Pada malam hari dipulau ini, pasokan listriknya sangat dibatasi oleh pemerintah daerah. Maka jangan heran jika anda dapat merasakan heningnya suasana pantai jauh dari suara bising, hanya ditemani suara ombak kecil, suara kayu terbakar dan langit malam dihiasi gugusan bintang-bintang seperti “Milky Way”.

Penulis: Nauval

Editor: Robi Gunawan M

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: