Gunung Padang, bukan sekedar untuk dipandang

gunung padang 3

Batu-batuan yang berada di Gunung Padang ini terbentuk akibat adanya aktivitas letusan Gunung Padang pada zaman dulu.

Jawa barat merupakan salah satu daerah tinggi di Pulau Jawa yang memiliki tempat wisata indah dan dapat memanjakan mata. Tidak hanya memanjakan mata, tempat ini juga memiliki banyak sejarah loh, sebut saja Gunung Padang.

Gunung Padang berada di perbatasan Dusun Gunung Padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasinya dapat dicapai 20 kilometer dari persimpangan Kota Kecamatan Warung Kondang, diantara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi.

Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat, Lokasi situsnya  sangat curam dan sulit dijangkau. Kompleksnya memanjang, menutupi permukaan sebuah bukit yang dibatasi oleh jejeran batu andesit besar berbentuk persegi. Situs itu juga dikelilingi oleh lembah-lembah yang sangat dalam.

gunung padang 4

Terdapat 100 anak tangga yang mengantarkan wisata dari bawah menuju teras 1.

Bulatkan tekad Anda untuk mengunjungi situs luar biasa ini! Karena, situs ini menjadi sebuah warisan peradaban Nusantara yang menakjubkan dan penuh tanda tanya. Jangan kalah dengan turis asing yang telah terkagum-kagum melihat situs ini, bahkan sebagian dari mereka berhasrat membeli beberapa bongkahan batu tersebut (Red. Jelas ini terlarang).

Dari pintu masuk Anda hanya cukup membayar tiket seharga Rp 4000,- untuk wisatawan lokal dan harga tiket Rp 5000,- untuk wisatawan asing. Dari pintu masuk Anda juga akan menemui 2 cabang jalan yang berbeda, jalan pertama sebelah kiri terdapat 100 anak buah tangga dan memiliki jalanan yang terjal dengan kemiringan kurang lebih 60 derajat. Sangat berbeda dengan jalan yang sebelah kanan, karena terdapat 360 anak tangga dengan kemiringan tidak lebih dari 40 derajat. Tentunya bukan pilihan yang sulit untuk menuju ke atas Gunung Padang. Perjalanan memakan waktu sekitar 15 menit dari bawah.

gunung padang

Gunung Gede Pangrango terlihat dari teras 1 gunung Padang, dari sini wisatawan bisa melihat keseluruhan daerah Gunung Padang.

Setelah 100 buah anak tangga sudah habis dilewati, itu telah menunjukan bahwa Anda sudah berada di teras 1, dimana Gunung Padang ini memiliki 5 teras atau 5 tingkatan. Teras disini maksudnya adalah tempat yang dulunya digunakan sebagai tempat beribadah, dari teras 1 hingga teras 5 hanya memakan waktu paling lama 5 menit, karena jarak teras 1 ke yang lainnya sangat berdekatan.

5 teras dari Situs Gunung Padang ini mengarah kepada Gunung Gede (2950 m dpl) yang terletak sekitar 25 km dari situs ini. Teras pertama merupakan teras terbawah dengan ukuran paling besar, kemudian berturut-turut sampai ke teras kelima yang ukurannya semakin mengecil. Bentuk punden berundak juga menunjukan bahwa semakin ke atas,  maka tingkat kesuciannya semakin tinggi.

Situs prasejarah ini tak ternilai harganya, bukan hanya berarti bagi Indonesia tetapi juga bagi peradaban manusia. Oleh karena itu, sangat bijak bagi Anda untuk tidak mencoret, tidak memukul-mukul batu, dan tentunya membuang sampah pada tempatnya.

Pastikan liburan singkat anda menyenangkan tidak lupa anda bisa belajar banyak sejarah disini.

Penulis : Muhammad Nauval

Editor : Mira Elsya Nadia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: