Buah Pare: Anti Kanker

buah pare

Pare memiliki banyak khasiat baik untuk tubuh

Pare? Iya Pare! Buah yang berwarna hijau, pahit, dan suka ada di campuran somay itu kan? Buah yang memiliki rasa pahit ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Apalagi buat kalian yang sudah mulai dengan gaya hidup sehat, buah ini sangat layak untuk dicoba.

Di dalam pare atau paria ini terdapat kandungan yang ternyata memiliki kemampuan untuk mencegah beberapa penyakit, salah satunya yaitu kanker. Antioksidan dalam pare dapat membantu menghancurkan radikal bebas penyebab penyakit kanker, mengurangi resiko berkembangnya kanker di dalam tubuh, dan menjaga sistem kekebalan tubuh dari segala macam penyakit.

Penelitian yang dilakukan Pusat Kanker University of Colorado menghasilkan kesimpulan bahwa pare juga dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan kanker pankreas. Kandungan yang terdapat dalam pare memengaruhi metabolisme glukosa yang sangat dibutuhkan oleh sel kanker. Percobaan yang dilakukan menunjukan bahwa jus pare dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker hingga 60%.

Pada kenyataannya, sebagian besar manfaat kesehatan yang bermanfaat dari pare tidak pernah diketahui secara pasti oleh masyarakat umum. Manfaat lain dari pare yaitu, obat untuk memiliki gangguan hati, diabetes, menurunkan berat badan, baik untuk kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu membersihkan kemih dan ginjal, membantu mengurangi gangguan pernapasan seperti asma atau bronkitis, dan menjaga jantung agar tetap sehat.

Dengan banyaknya khasiat dari buah pare, mengapa masih ragu untuk mengkonsumsi hanya karna rasanya yang pahit? lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Tidak ada salahnya dari sekarang untuk mulai mengkonsumsi pare, karena manfaat nya akan terasa sendiri oleh tubuh kita. Mulailah untuk menyayangi tubuh kita sendiri, mencoba untuk mereview makanan apa saja yang selama ini sudah masuk ke dalam tubuh.

Untuk kalian yang tidak suka karena rasanya yang pahit. Sebelum dimasak, pare bisa direbus di air garam.  Untuk di jus, pare bisa dicampur dengan kiwi dan madu agar lebih menetraisir rasa pahitnya. Selamat mencoba!

Penulis : Mira Elsya Nadia

Editor : Ricky Halim

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: